Kulit Bundar

New Age of Sports Community

Trio R Yang Membawa Brazil Juara Dunia 2002


Jakarta – Brazil berhasil menjuarai Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang dan Korea Selatan. Ini adalah Piala Dunia ke 5 yang berhasil diraih oleh Tim Samba  ini. Juga semakin membuktikan bahwa Brazil sejajar dengan Jerman dan Italia sebagai negara terbanyak yang menjuarai Piala Dunia. Bila di Piala Dunia 1994 yang diadakan di Amerika Serikat Brazil berhasil.menjuarai Piala Dunia dengan diperkuat duo penyerangnya Romario dan Bebeto, maka di Piala Dunia 2002 Brazil berhasil menjuarai Piala Dunia berkat tiga pemain depannya Ronaldo-Ronaldinho-Rivaldo.

Ketiga penyerang Brazil ini memiliki skill yang hampir sama dan mempunyai kelebihan masing masing.

 

Ronaldo, dengan julukannya sebagai the Phenomenon dia layak dianggap sebagai pemain terbaik dunia pada saat itu. Dribling dan kecepatannya membawanya menjadi penyerang paling berbahaya di dunia. Dimanapun dia bermain, Barcelona, Real Madrid, AC Milan dan Inter Milan dia selalu menjadi pencetak gol yang subur. Di ajang Piala Dunia 2002 Ronaldo berhasil meraih sepatu emas sebagai pencetak gol terbanyak dengan 8 gol, termasuk dua gol yang dicetaknya di partai final saat menaklukan Jerman.

 

Ronaldinho, pemain dengan penampilan dan senyumnya yang khas sering dibandingkan dengan kehebatan Ronaldo. Pemain seangkatan Ronaldo ini terkenal dengan gocekan gocekan mautnya. Dia sering memberi umpan kepada rekan setimnya tanpa perlu melihat ke arah pemain yang diumpan. Inilah salah satu ciri khasnya. Ronaldinho juga dikenal sebagai pengambil tendangan bebas yang jitu. Bila timnya memdapatkan tendangan bebas, Ronaldinho akan menjadi pemain pertama yang akan maju mengeksekusinya. Di Piala Dunia 2002 Ronaldinho mencetak 2 gol termasuk gol indahnya saat menghentikan Inggris di perempat final.

Rivaldo, namanya memang tidak setenar Rinaldo dan Ronaldinho tapi Rivaldo mempunyai skill yang hampir sama dengan mereka berdua. Rivaldo sangat berbahaya bila sudah berada di daerah pertahanan lawan, menjadikannya penyerang yang sangat ditakuti oleh lawan. Klub klub besar seperti Barcelona dan AC Milan pernah dibela sepanjang kariernya. Di Piala Dunia 2002 Rivaldo mencetak 5 gol bagi Brazil. Sifatnya yang oportunis dengan tidak pernah lama membela suatu klub membuat Rivaldo tidak mempunyai fans sebanyak Ronaldo dan Ronaldinho namun Rivaldo menjadi salah satu kinci Brazil meraih Juara Dunia 2002.

(Yp/teamKB)