Kulit Bundar

New Age of Sports Community

Tendangan Kungfu Cantona

Foto: facebook

Jakarta – Eric Cantona adalah seorang legenda di Klub Manchester United. Namanya menjadi legenda setelah bersama pelatih Sir Alex Ferguson menjadikan Manchester United menjadi klub besar dunia di awal tahun 90an. Cantona dianggap sebagai generasi emas pertama anak asuh Sir Alex selama melatih Manchester United selama tiga dekade.

Pemain Perancis yang berposisi sebagai gelandang serang ini terkenal sebagai pemain bengal yang sangat emosional. Berkali kali dia berulah dengan berkonflik dengan pemain lawan, wasit bahkan rekan setimnya sendiri. Namun ada satu kisah si bengal Cantona yang paling terkenal sepanjang kariernya. Kejadian itu adalah tendangan kungfunya ke fans Crystal Palace.

Momen itu terjadi pada 25 Januari 1995 yang mana kejadian itu menjadi berita utama dan kontroversi di seluruh dunia. Kala itu, ia membela Manchester United dan melakukan pertandingan melawan Crystal Palace di ajang Liga Inggris.

Foto: lintasjurnal.com

Pada pertandingan tersebut, Cantona harus dikeluarkan wasit karena menendang pemain Palace yaitu Richard Shaw. Sang bek berhasil membuat Cantona frustrasi di sepanjang pertandingan karena mampu menjaganya dengan sangat baik.

Setelah dikeluarkan dari lapangan, Cantona meluncurkan tendangan gaya kung fu ke kerumunan dan diarahkan ke salah satu penggemar Palace bernama Matthew Simmons. Tendangan kung fu Cantona keluar setelah Simmons berlari meneriaki ejekan kepada sang pemain.

Simmons diduga mengeluarkan kata-kata “Persetan kembali ke Prancis, kau bajing*n Prancis,”. Kata-kata kasar itu sontak membuat Cantona yang mudah emosi langsung mengeluarkan tendangan kung fu disertai beberapa pukulan.

Akibat ulahnya itu Ia menerima hukuman membayar 20 ribu poundsterling (Rp346,7 juta) dan absen membela Man United hingga akhir musim 1994-1995. Akan tetapi, itu adalah hukuman awal. Sebab FA meningkatkan larangan bermain menjadi delapan bulan (hingga 30 September 1995). FA menyebut serangan Cantona telah menodai pertandingan Liga Inggris.

Hingga saat ini Tendangan Kungfu terlanjur melekat kepada sosok Cantona, Legenda Manchester United yang penuh kontroversial.

(Yp/teamKB)